Senin, 23 Agustus 2010

Slash: 'Everything About Les Paul Is My Sound'


Slash selalu terkenal dengan kemahirannya bermain gitar. Bahkan beberapa orang kerap menyebut musisi berambut kribo ini dengan sebutan Dewa Gitar. Mmm... Kira-kira apa ya gitar-gitar kesayangannya? Seperti apa mantan gitaris Guns N Roses ini memilih perangkat musik andalannya tersebut?

Penasaran? Tenang saja, KapanLagi.com™ sudah merangkumkan hasil wawancara eksklusif mengenai gitar sang legenda hidup ini saat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. Simak hasil wawancaranya:

Bagaimana sih Anda menentukan gitar yang baik itu? Apakah ada kiat khusus?
Mmm... Sejak aku masih kecil, pertama kali aku memainkan alat musik ini, gitar pertamaku adalah Gibson yang masih di bawah Les Paul - dibuat oleh perusahaan alat musik itu. Aku langsung jatuh cinta kepada Les Paul. Ya memang sih, aku belum tahu apa-apa tentang gitar saat memulai terjun di dunia musik. Aku masih cupu, masih anak-anak, dan gitar itu terlihat keren.
Setelah beberapa tahun, aku mulai mencobai bermacam-macam gitar. Ada sekitar 15, 17, 18-an gitar lah yang aku coba. Ada Stratocaster dan lain-lain. Semua gitar-gitar itu bagus dan memiliki bunyi yang berbeda-beda. Tapi aku selalu kembali kepada Les Paul. Gitar itu membuat aku merasa lebih nyaman.

Mmm oke... Tapi kenapa harus Les Paul? Apa istimewanya?
Aku suka beratnya. Gitar itu memang berat sih, tapi tetap solid. Itu gitar yang kuat, suaranya juga bagus. Suaranya berat, ya... besar lah suara yang dihasilkan. Dan itu suara yang bagus. Ya pokoknya, everything about Les Paul is my sound hehehe...
Dari mungkin ratusan gitar milik Anda, mana sih yang paling precious?
Ha? Pre... what?, Precious ulang saya, Mmm... Precious ya? Itu kata yang nggak aku gunakan sih hehe... Tapi menurutku gitar yang aku pakai di rekaman album terakhirku adalah gitar yang sama aku gunakan sehari-hari, aku juga memakainya untuk menciptakan lagu. Ya menurutku itu mugkin gitar yang paling precious buat aku.
Kalau berbicara tentang musik nih, genre seperti apa sih yang didengarkan Slash sehari-hari? Apa cuma musik rock saja?
Slash langsung menggeleng. Aku mendengarkan begitu banyak musik. Aku pikir beberapa warna musik yang berbeda justru mempengaruhi aku dalam bermusik. Ya, macam-macam musisi yang aku dengarkan karyanya. Misalnya saja Aerosmith, dan lain-lain. Macam-macam sih, bukan cuma rock saja.
Wow, berarti Anda benar-benar musisi sejati ya. Lalu, musisi mana saja yang punya pengaruh besar?
Ketika aku masih kecil, aku memang lebih sering mendengarkan musik semacam rock n roll. Ada beberapa band dan musisi yang aku suka seperti Jimi Hendrix, Jimmy Page, Aerosmith, teman-teman ACDC, Rick Nelson, Billy Gibson, Joe Walls, Elly Easton, dan tentu saja semua pemain gitar blues seperti BB King, Albert King, dan lain-lain.
David Bowie juga ya?
Mmm... David Bowie? Tidak terlalu sih. Tapi aku mengakui dia pemain gitar yang handal, musik-musiknya bagus, tapi pengaruh musiknya tidak sebesar itu terhadapku - jika dibandingkan dengan musisi yang aku sebutkan tadi.
Menarik kan? Tapi tunggu dulu, masih ada satu lagi wawancara Slash yang patut di baca. Di hasil interview selanjutnya, Slash akan bicara mengenai perbedaannya dari dua puluh tahun lalu hingga sekarang. Jangan lewatkan ya.

1 komentar: