Kamis, 03 Juni 2010

Kenapa Musik Film Horor Menakutkan?

California - Musik pada film horor didominasi paduan nada yang parau dengan irama naik-turun dan biasanya diiringi suara jeritan wanita.

Sebuah penelitian dari University of California, Los Angeles mengungkap sebab musik pada film horor begitu mengerikan. Profesor Daniel Blumstein yang memimpin penelitian ini telah mempelajari soundtrack atau lagu yang mengiringi 102 film horor yang paling laris di pasaran. Penelitian ini dilakukan bekerja sama dengan seorang komposer lagu Peter Kaye dari Kingston University, London.

Kedua peneliti ini menganalisa bahwa lagu dalam film horor didominasi nada-nada yang terdengar parau dengan menggunakan tangga nada yang naik-turun secara tiba-tiba. Paduan nada itu kemudian digabungkan dengan suara jeritan atau tangisan perempuan sehingga memberi kesan seram.

Mendengar suara yang ritmenya acak, menurut Blumstein, akan memantik emosi pendengar atau penonton film. "Jadi pembuat film juga telah mempertimbangkan jenis-jenis suara yang dapat disesuaikan dengan gambarnya," kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar