Sabtu, 05 Juni 2010

Apa jadinya jika Kurt Cobain masih ada? Saya bukan hendak mengatakan jika kematian ayah Frances Bean itu adalah berkah bagi Dave Grohl, namun pasca bubarnya Nirvana, Dave kontan menjelma menjadi sebuah magnet grunge baru, dan ia mengomandani Foo Fighters bukan dari set drumnya, namun dengan menyandang gitar dan berteriak lantang sebagai seorang frontman. Cobain mungkin tak tergantikan, namun David Eric Grohl nyatanya adalah salah satu ikon rock n roll tersukses hingga kini.

Rilisan GREATEST HITS dari Foo Fighters ini sebenarnya sudah edar sejak September 2009 silam, namun kurang pas rasanya jika album yang layak masuk dalam salah satu masterpice Dave Grohl, Nate Mendell, Chris Shiflett, Taylor Hawkins, serta gitaris additional yang selalu hadir kala mereka live Pat Smear ini kita 'diamkan' begitu saja.

Empat belas tahun, enam full studio album, adalah manifestasi karya mereka yang masing-masing memiliki kisah naik-turunnya karir mereka. FOO FIGHTERS (1995), THE COLOUR AND THE SHAPE (1997), THERE IS NOTHING LEFT TO LOOSE (1999), ONE BY ONE (2002), IN YOUR HONOR (2005) dan yang terakhir pada 2007, ECHOES, SILENCE, PATIENCE & GRACE. Tiga album diantaranya sukses diganjar Grammy Awards untuk kategori Best Rock Album dan raihan enam kali nominasi Grammy.

Dalam album yang highly recommended ini akan Anda temui hits-hits laris manis mereka di bawah label RCA. Mulai dari debut hits Big Me dan This Is a Call (1995), multi platinum selling single Monkey Wrench, My Hero dan Everlong (1997), hingga track yang pasti sudah Anda hapal di luar kepala, Learn to Fly, Breakout, All My Life, Times Like These, hingga Best of You.

Belum lagi track yang dipilih dari DVD Live Foo Fighters yang menghadirkan suasana perform secara live, Skin and Bones. Juga disertai 2 lagu baru, Wheels dan Word Forward yang belum pernah dirilis sebelumnya. Everlong acoustic version didapuk menjadi penutup album ini. Tapi kemana single Walking After You? Single yang juga jadi OST THE X-FILES di tahun 1998 ini ternyata masuk dalam GREATEST HITS deluxe edition yang berisi 16 video klip serta 5 lagu unplugged yang jadwal rilisnya berbarengan.

Overall, dari ke-16 track jaminan mutu yang dipasang di album ini, baik fans ataupun penikmat musik kebanyakan pasti dapat merefleksikan nama Dave Grohl dan Foo Fighters hanya dengan menyimak satu album 'rangkuman'. Sementara majalah rock UK, Kerrang! memberikan full five stars rated, maka sudah selayaknya jika Cobain pun tersenyum dalam standing ovationnya di alam sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar