Sabtu, 31 Juli 2010

Slash dan Kerinduan Musik Rock


MANTAN gitaris band rock papan atas dunia Guns ‘N Roses (GNR) Saul Hudson, atau yang akrab disapa Slash,akan memperlihatkan kemampuan terbaiknya bermain gitar dalam Slash & Friends World Tour 2010 di Jatim Expo,Surabaya,Sabtu (31/7).

Slash akan menggebrak Surabaya bersama band barunya, Slash & Friend,dengan vokalis Myles Kennedy (Alter Bridge),rhythm guitar Bobby Scheck (Weezer,Greenday, Aerosmith),bas Todd Kerns (Age of Electric, Sin City Sinners), dan drum Brent Fitz (Alice Cooper dan VinceNeil).Selang tiga hari kemudian, Slash akan kembali menunjukkan kemampuan bermusiknya di Jakarta.

Di Surabaya,pria yang khas dengan rambut gondrong keriting, topi besar, kacamata hitam, dan rokok ini akan membawakan lebih dari 15 lagu. Selain lagu milik GNR,seperti Welcome to the Jungle, Sweet Child o ‘Mine, dan Paradise City, Slash juga akan membawakan lagu-lagu dari band yang pernah disinggahinya. Seperti lagu-lagu dari Slash’s Snakepit atau Velvet Revolver,dan tentunya pria berkebangsaan Inggrisinijugaakanmembawakanlagulagu milik Myles Kennedy yang tergabung dalam band Alter Bridge. Nama Slash populer ketika dia bergabung bersama GNR. Permainan gitarnya memukau banyak orang. Selain memiliki skill tinggi, Slash juga punya ciri khas dalam bergaya; dan itu yang membuat banyak orang selalu mengingat namanya, meski sebelum piawai memainkan gitar, dia lebih dulu belajar bermain alat musik bas.

Kemampuannya bermusik memang tidak diragukan lagi. Pada awal kariernya, Slash pernah menimba ilmu musik di Fairfax Music School. Bahkan, dia juga pandai menulis lirik lagu. Bersama GNR, Slash membuat beberapa lagu.Namun, kemampuannya menulis lagu ini lebih banyak dituangkan dalam band barunya,Slash’s Snakepit. Pada pertengahan 1990-an, Slash menulis beberapa lagu untuk GNR, tapi banyak yang tidak sesuai dengan permainan musik GNR.Itu yang m e m b u a t Slash akhirnya membentuk Slash’s S n a ke p i t .

Proyek ini mendapat dukungan dari sahabatnya, Matt Sorum, Gilby Clarke, Dizzy Reed, Mike Inez, dan Eric Dover. Album Slash’s Snakepit ini pun cukup sukses. ”It’s Five O’Clock Somewhere”, album pertama yang dibuat pada 1995 ini mendapat platinum.Demikian juga dengan album ”Ain’t Life Grand”yang dibuat pada 2000. Namun,band ini pun tidak berjalan lama. Slash lalu membentuk band lagi bersama sahabatnya.

Melalui Velvet Revolver yang dibuat pada 2002, band ini disebut-sebut sebagai Guns N’ Roses 2 karena komposisi anggotanya terdiri atas tiga mantan band yang paling bersinar dalam era awal ’80-an, Slash (lead guitar), Duff Mc Kagan (bassis), dan Matt Sorum (drum), plus dua anggota tambahan mantan personel band lainnya,Scot Weiland sebagai vokalis (eks Stone Temple Pilots) dan mantan gitaris Wasted Youth,Dave Kushner.

Velvet Revolver ini mengeluarkan dua album, ”Contraband” dan ”Libertad”, yang hasilnya cukup membuat banyak orang terhibur. Nah, selama perjalanan bermusik inilah Slash berusaha mengangkat kembali ingatan banyak orang tentang perjalanan musiknya, sampai akhirnya dia bersedia mampir ke Indonesia guna menyapa penggemar setianya. Belum dapat dipastikan lagulagu yang akan dinyanyikan Slash di Surabaya dan Jakarta.Namun, Slash pernah mengungkap bahwa lagu-lagu yang dibawakannya itu merupakan lagu hit yang diambil dari album GNR,Slash’s Snakepit, Velvet Revolver,dan lagu-lagu milik Myles Kennedy (Alter Bridge). Kemungkinan besar gitaris kelahiran 23 Juni 1965 ini akan membawakan tembang-tembang yang pernah hit,seperti Slash atau Beautiful Dangerous.

Hal itu dipastikan Presiden Direktur Mahaka Entertainment Hasani Abdulgani sebagai promotor yang mendatangkan Slash ke Indonesia dalam rangkaian tur dunia. Hasani pernah berdiskusi langsung dengan Slash dalam sebuah acara. Menurutnya, Slash sangat ramah dan tidak seperti yang digambarkan banyak orang dengan sosoknya yang seram dan pelit bicara. ”Ketika saya berdiskusi dengan manajemen Slash,mereka sangat ramah. Demikian pula dengan Slash. Saya mengajak mereka untuk datang ke Indonesia dan mereka setuju,” kata Hasani menceritakan kunjungannya ke Los Angeles untuk menghadiri acara musik dan bertemu dengan musisi dunia,termasuk Slash.

Kehadiran Slash ini semakin menambah daftar hadir musisi kelas dunia yang mengisi jadwal konser mereka di Indonesia.Sebelumnya, Rabu (28/7) malam, Hoobastank berhasil membuat histeris penggemarnya di Hard Rock Café Jakarta. Awal 2010 ini, musisi besar yang sudah mengunjungi Indonesia di antaranya Michael Bolton, Dashboard Confessional, Fire House,dan Placebo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar